Rabu, 12 Maret 2014

Baju Muslim Jilbab Bergo

Perkembangan Baju Muslim Wanita dan jilbab akhir-akhir ini memuncul bebebrapa nama baru, yaitu Phasmina dan Bergo. Dari segi bahasa sendiri sebenarnya kedua kata ini bukan berasal dari bahasa Indonesia. Pashmina sebenarnya berasal dari sebuah kata Persia yang berarti wol (pashm) dari kambing pashmina atau changthangi. Kambing phasmina merupakan kambing khusus yang hanya di temukan di wilayah beriklim dingin dan dataran tinggi seperti Himalaya, Nepal, Pakistan dan Indua utara. Secara istilah, di indonesia, kata phasmina lebih merujuk pada selendang atau syal yang terbuat dari wol. Sedangkan Bergo adalah istilah yang digunakan untuk jilbab lebar yang dalam penggunaannya langsung pakai dan tanpa jarum pentul atau peniti.
Tak heran jika beberapa orang awam, bahkan yang sering memakainya seklipun tak tahu apa nama dari kedua jenis penutup kepala ini. Pada umumnya masyarakat hanya menyebut mereka sebagai selendang dan jilbab. Pada perkembangan kedepan pun juga belum di ketahui apakah kedua nama ini akan di serap dan menjadi kata baru dalam bahasa Indoensia.


Khusunya bergo, jika kita lihat di sekitar, maka jenis kerudung ini semakin banyak digunakan. Alasan dan cara mereka dalam menggunakan pun juga beragam. Alasan sebagian besar orang untuk menggunakan Bergo adalah dari sisi kepraktisannya. Cara pemakaian yang mudah sangat cocok untuk para remaja, ibu muda maupun ibu-ibu pada umumnya yang tak ingin repot dan tak sempat menggunakan jilbab yang menggunakan jarum. Baik itu untuk dikenakan di rumah ataupun saat bepergian.
Pilihan model yang tersedia juga semakin beragam. Contohnya Luna Bergo, model seperti ini terlihat simple, namun anggun saat dikenakan. Alasan kedua memilih model seperti ini mungkin karena baju seperti ini tampak longgar dan tak memeprlihatkan bentuk tubuh secra langsung. Sekaligus menjadi sebuah keuntungan jika dikenakan oleh orang yang sedikit lebih gemuk.
Memang, model jilbab dan baju bergo seperti ini cukup terlihat sebagai Baju Muslim Trendy, namun sedikit tidak cocok jika digunakan sebagai Baju Muslim Pesta. Meski begitu, baju muslim jilbab bergo ini masih tergolong sebagai Baju Muslim Modern.

0 komentar:

Posting Komentar

Lintaskan